PENGERTIAN DAN DEFINISI BELAJAR
Sesungguhnya
sebagian besar aktivitas dalam kehidupan sehari-hari kita merupakan kegiatan
belajar. Dengan demikian dapat dikatakan, tidak ada ruang dan waktu bagi
manusia dapat melepaskan dirinya dari kegiatan belajar, dan itu berarti pula
bahwa belajar tidak penah dibatasi usia tempat maupun waktu, karena perubahan
yang menuntut terjadinya aktivitas belajar itu juga tak pernah berhenti.
Dalam sebuah
buku “The Guidance of Learning Activities”, merumuskan tentang pengertian
belajar sebagai perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya
interaksi antara individu dengan individu dan individu dengan lingkungannnya
sehingga mereka mampu untuk berinteraksi dengan lingkungannya.
Dalam buku
Educational Psycology, H.C. Witherington, mengemukakan bahwa belajar adalah
suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola
baru dari reaksi berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepribadian atau suatu
pengertian.
James O.
Whittaker mengemukakan belajar adalah proses di mana tingkah laku ditimbulkan
atau diubah melalui latIhan atau pengalaman. Belajar adalah suatu proses yang
dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru
secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri di dalam
interaksi dengan lingkungannya.
Dalam
kesimpulan yang dikemukakan Abdillah (2002), belajar adalah suatu usaha sadar
yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik melalui latihan
dan pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif dan psikomotorik
untuk memperoleh tujuan tertentu.
Jika kita
simpulkan dari sejumlah pandangan dan definisi tetang belajar (Wragg, 994),
kita akan menemukan beberapa ciri umum kegiatan belajar sebagai berikut:
Pertama, belajar
menunjukkan suatu aktivitas pada diri seseorang yang disadari atau disengaja.
Oleh sebab itu pemahaman kita pertaman yang sangat penting adalah bahwa
kegiatan belajar merupakan kegiatan yang disengaja atau direncanakan oleh
pembelajaran sendiri dalam bentuk suatu aktivitas tertentu. Aktivitas ini menunjuk
pada keaktifan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan tertentu, baik pada
aspek-aspek jasmaniah maupun aspek mental yang memungkinkan terjadinya
perubahan dalam dirinya. Dengan demikian dapat dipahami bahwa suatu kegiatan
belajar dikatakan semakin baik bilamana keaktifan jasmaniah maupun mental
seseorang semakin tinggi.
Kedua, belajar
merupakan interaksi individu dengan lingkungannya. Lingkungan dalam hal ini
dapat berupa manusia atau obyek-obyek lain yang memungkinkan individu
memperoleh pengalaman atau pengetahuan baik yang baru maupun yang pernah
diperoleh sebelumnya, akan tetapi menimbulkan perhatian kembali bagi individu
tersebut sehingga memungkinkan terjadinya interaksi.
Ketiga, hasil
belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku. Walaupun tidak semua perubahan
tingkah laku merupakan hasil belajar, akan tetapi aktivitas belajar umumnya
disertai perubahan tingkah laku. Perubahan yang dapat diamati kebanyakan
berkenaan dengan perubahan aspek-aspek motorik. Sebagai contoh seorang siswa
mengikuti dengan cermat pembahasan tentang cara-cara memasang peralatan
elektronik pada sebuah perabot, untuk selanjutnya tanpa bimbingan dan arahan
siswa tersebut mampu melakukannya dengan benar. Perubahan tersebut berkenaan
dengan perubahan dimensi psikomotorik yang lebih mudah diamati.
Perubahan hasil belajar juga dapat ditandai dengan
perubahan kemampuan berpikir. Seorang guru yang mampu mengembangkan model-model
pembelajaran yang terarah pada latihan-latihan berpikir kritis siswa,
misalnya
model-model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) akan sangat
mendukung perubahan kamampuan berpikir siswa. Model-model pembelajaran di mana
guru tidak terlalu banyak mamberikan petunjuk atau arahan (nondirective
teaching) akan tetapi lebih banyak menekankan keaktifan berpikir siswa akan
mampu mendorong percepatan perubahan kemampuan berpikir seseorang.
Dalam
pengertian yang umum dan sederhana, belajar seringkali diartikan sebagai
aktivitas untuk memperoleh pengetahuan. Belajar adalah proses seseorang memperoleh
berbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Gunakanlah kata-kata sopan